Selamat Datang di Website BANK NTTSUKU BUNGA DASAR KREDIT (SBDK) : 1. KREDIT KORPORASI 10.43%, KREDIT RITEL 11.71%, KREDIT MIKRO 10.45%, KREDIT KONSUMSI (KPR) 10.40%, KREDIT KONSUMSI (NON KPR) 14.34% 

Atasi Persoalan Listrik, Bank NTT Gandeng UNDP 2016

Government Co-Financing for Development

A Partnership between Bank NTT & UNDP

Bank NTT menghadirkan terobosan baru dalam program Corporate Social Responsibility untuk Tahun Buku 2016. Program tersebut adalah Partnership dengan United Nation Development Program (UNDP) sebuah badan PBB yang berfokus dalam membantu pengembangan negara-negara sedang berkembang. Program partnership ini turut pula melibatkan  Kementerian Lingkungan Hidup serta Pemerintah provinsi NTT.

Adanya kesamaan visi dan program diantara Bank NTT dan UNDP berlanjut dengan lahirnya sebuah misi bersama dalam mengatasi persoalan yang ada di NTT khususnya ketersediaan listrik. Lewat program Corporate Social Responsibility Bank NTT di bidang lingkungan serta program UNDP yakni Strategic Planning and Action to Strengthen Climate Resilience of Rural Communities in NTT Province (SPARC) kemudian  melahirkan sebuah collaborative initiatives  untuk membangun proyek Pembangkit Listrik Tenaga Surya dan  Air. Kedua proyek ini direncanakan akan dilaksanakan di Sumba Timur dan Manggarai Timur.

Pasokan energi dari Pembangkit Listrik Tenaga Surya (Solar Water Pump) yang akan dibangun di Sumba Timur nantinya akan digunakan untuk memompa air dari daerah dataran rendah untuk dialirkan ke daerah dataran tinggi. Proyek ini akan memberikan akses air bagi kurang lebih 500 warga  serta mengairi lahan produktif seluas 8 hektar sementara di Manggarai Timur, Pembangkit Listrik Tenaga Air Berkelanjutan (Sustainable Microhydro Power Generation ) nantinya akan menghasilkan listrik yang akan digunakan oleh masyarakat di wilayah pedesaan. Pasokan listrik ini akan memberi manfaat bagi kurang lebih 350 keluarga rumah tangga , 1 unit Puskesmas serta 2 Industri rumah tangga.

Dalam program partnership ini pihak UNDP akan bertindak sebagai fasilitator, pengembang teknik dan penyedia tenaga ahli sedangkan Bank NTT akan membiayai sepenuhnya proyek tersebut lewat dana Corporate Social Responsibility untuk bidang lingkungan.

Program partnership ini telah ditandatangani oleh Direktur Utama Bank NTT Daniel Tagu Dedo serta Coordinator UNDP Indonesia  Mr.Douglas Broderick di Kantor Pusat UNDP Jakarta (31/3). Mr. Douglas Broderick dalam sambutannya mengatakan UNDP Indonesia menyambut dengan hangat dan penuh antusias program partnership ini. Ia dan timnya berjanji untuk mendukung penuh program ini sebagai bentuk implementasi terhadap Sustainable Development Goals (SDGs) yang sedang dicanangkan oleh PBB hingga tahun 2030 sebagai sebuah Transformasi Global. Broderick mengharapkan lewat proyek penyediaan alternatif  listrik di wilayah NTT ini dapat mendorong pertumbuhan sektor lain baik pertumbuhan ekonomi, ketersediaan air bersih, kesehatan dan  pendidikan yang dapat mengatasi persoalan kemiskinan di NTT. Penandatanganan program partnership di  Papua meeting room UNDP Indonesia ini  juga dihadiri oleh Direktur Pemasaran Kredit Bank NTT Absalom Sine dan UNDP Assistant Secretary General and Director, Regional Bureau for Asia and the Pacific, Mr. Xu Holiang.(jr)             

post1