Selamat Datang di Website BANK NTTSUKU BUNGA DASAR KREDIT (SBDK) : 1. KREDIT KORPORASI 10.46%, KREDIT RITEL 11.57%, KREDIT MIKRO 10.54%, KREDIT KONSUMSI (KPR) 10.49%, KREDIT KONSUMSI (NON KPR) 13.76% 

Bank NTT Bawa Pulang Piala Tetap Porbank BMPD 2016

Bank NTT Rajai Porbank BMPD 2016

Bank NTT kembali mendominasi perhelatan Pekan Olah Raga Bank (Porbank) Badan Musyawarah Perbankan Daerah (BMPD) NTT 2016. Agenda rutin dua tahunan yang diselenggarakan tahun ini sepanjang dua minggu sejak tanggal 14-29 Mei kembali menempatkan Bank NTT sebagai juara umum. Raihan ini merupakan keberhasilan Bank NTT mempertahankan pencapaian serupa  setelah pada edisi Porbank BMPD  2012 dan 2014 juga berhasil keluar sebagai juara umum.  Capaian Bank NTT dalam Porbank BMPD NTT edisi 2016 tersebut diperoleh setelah hingga hari terakhir berhasil mengumpulkan 6 medali emas dan  4 medali perak  dari seluruh cabang olah raga yang dipertandingkan. Medali emas disumbangkan oleh cabang olah raga futsal, catur beregu, tenis meja beregu (putra/putri) dan biliar (beregu), sementara medali perak diraih oleh cabang olah raga voli putra/putri dan bulu tangkis beregu putra/putri. Dengan raihan juara umum dalam tiga edisi Porbank berturut-turut  menempatkan Bank NTT berhak memperoleh piala tetap Porbank BMPD NTT.

Porbank merupakan kompetisi olah raga antar perbankan yang menjadi anggota Badan Musyawarah Perbankan Daerah (BMPD) Nusa Tenggara Timur. Pelaksanaannya dilakukan setiap dua tahun. Terhimpun dalam Badan Musyawarah Perbankan Daerah (BMPD) NTT yaitu Bank Indonesia dan Otoritas Jasa Keuangan,  Bank NTT, Bank Mandiri, Bank BRI, Bank BNI, Bank BTN, Bank Artha Graha, Bank Sinarmas, Bank Danamon, Maybank, Panin Bank, Bank BTPN, Bank Bukopin, Bank Mega, Bank BCA, Bank CIMB Niaga, Bank Pundi, Mandiri Syariah dan Bank Nobu. Cabang olah raga yang dipertandingkan dalam Porbank yakni futsal, tenis meja perorangan (putra/putri), tenis meja beregu putra, catur beregu, badminton beregu (putra/putri), biliar (beregu) serta bola voli (putra/putri). Seluruh pemain yang bertanding merupakan pegawai tetap dan pegawai kontrak di masing-masing bank.

Pembukaan Porbank BMPD NTT 2016 berlangsung di halaman parkir Bank NTT Kantor Pusat yang diawali dengan devile kontingen, Sabtu (14/5). Hadir dalam acara pembukaan tersebut Ketua BMPD NTT sekaligus kepala Bank Indonesia (BI) perwakilan NTT Naek Tigor Sinaga, Kepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK) provinsi NTT Winter Marbun, Wakil Gubernur NTT Beny Litelnoni, Pemimpin Bank NTT Kantor Cabang Utama Kupang Bonefasius Ola Masan dan pimpinan jajaran bank-bank yang tergabung dalam BMPD . Acara kemudian dilanjutkan dengan jalan pagi bersama menyusuri Jalan Eltari lalu memutar melewati Jalan Polisi Militer dan selanjutnya kembali ke area parkiran Bank NTT untuk sarapan pagi bersama.  Di Jalan Eltari tepat di depan gedung kantor DPRD NTT sempat diadakan senam zumba bersama serta penyerahan bantuan Corporate Social Responsibility (CSR) oleh Kepala Bank Indonesia (BI) wilayah NTT, Wakil Gubernur NTT dan kepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK) wilayah NTT kepada mantan atlit pelari dan atlit tinju NTT.

DAFTAR PEROLEHAN MEDALI BANK NTT DI PORBANK BMPD 2016

No. Cabang Olah Raga yang Dipertandingkan Emas Perak
1. Futsal I  
2. Tenis Meja Beregu Putra I  
3. Tenis Meja Perorangan Putri I  
4. Tenis Meja Perorangan Putra I  
5. Catur Beregu I  
6. Biliar I  
7. Bulu Tangkis Putra   I
8. Bulu Tangkis Putri   I
9. Voli Putra   I
10. Voli Putri   I
  TOTAL 6 4

Futsal

Di cabang futsal, Bank NTT yang menurunkan skuad utamanya Ricky Laykopan cs tampil bertenaga sejak babak penyisihan. Di fase group Bank NTT yang tergabung di Grup D bersama Bank Mandiri, Bank Danamon dan Bank Artha Graha berhasil menjadi juara grup hasil dua kali menang dan sekali seri. Penampilan Bank NTT pun semakin menjadi-jadi. Puncaknya adalah  ketika berhadapan di semifinal dengan lawan tangguh sekaligus juara bertahan futsal pada edisi Porbank sebelumnya BRI. Tertinggal 0-2 dari BRI pada menit-menit awal babak pertama, Bank NTT terus menekan dan tampil trengginas. Alhasil Bank NTT yang dilatih oleh Johny Arif berhasil menyudahi perlawanan BRI dengan kedudukan 3-2. Di partai final, Bank NTT sudah ditunggu Bank Bukopin yang berhasil menaklukan BTPN di semifinal lainnya. Pada laga final yang dilangsungkan di lapangan futsal Pitoby Sport Center Belo, Bank NTT berhasil melibas Bank Bukopin dengan skor 5:3. Johny Arif yang biasa disapa Phomy menuturkan bahwa selain persiapan fisik dan teknik, ia turut menekankan pentingnya ketangguhan mental kepada anak asuhnya. “Saya sudah sampaikan ke anak-anak untuk bermain lepas tapi tenang agar bisa keluar dari tekanan dan kami bisa melakukan itu khususnya ketika berhadapan dengan BRI”, tuturnya. Keberhasilan tim futsal Bank NTT menaklukan Bank Bukopin di partai final menjadikan cabang futsal sebagai penyumbang emas pertama bagi kontingen Bank NTT di Porbank BUMD 2016.

Pemain Bank NTT : Fransiskus Mau Dato (GK), R. Romy Riwu, Jems M. Kana, Hendrik La’a, Ferdinand Kaka, Ricky Laykopan, Erwin A. Meda (C), Heri Rihi, Oktovianus O.Lewar, Moses Kehi Mauloko, Samuel J.G Touselak, Alex Madde.

Pelatih : Jhony Arif (Phomy)                              

Voli (Putra/Putri)

Di cabang voli putra Bank NTT harus puas meraih medali perak. Bermain dengan  sistem gugur, pada fase penyisihan tim voli putra Bank NTT tanpa kesulitan berhasil mengungguli BCA dengan skor meyakinkan 3:0. Di babak semifinal, Bank NTT kembali sukses mengandaskan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) 3:1. Sayang di partai final tim voli putra Bank NTT harus mengakui keunggulan tim voli putra BRI 1:3. Hal serupa juga dialami tim voli putri Bank NTT. Dengan format kompetisi penuh, tim putri Bank NTT berhasil menaklukan Maybank 3:0. Skor yang sama juga diraih tim putri Bank NTT kala mengalahkan Bank Mandiri. Tim voli putri Bank NTT juga meraih kemenangan walk out  atas BNI. Satu-satunya kekalahan tim voli putri Bank NTT diderita ketika ditaklukan BRI 0:3. Pertandingan melawan BRI berjalan dalam tempo tinggi. Kejar mengejar angka begitu sengit.

Pemain Voli Putri Bank NTT  : Mona Fuah, Siska Tamu Ina, Viranti Rafiqi, Christa Mesu, Debora Ndaparoka, Erni Paulus, Fitrianingrum, Desi Ruku, Marlis Fatima Retu, Lea Yunita Abana, Bernadina Isabela Bula

Pemain Voli Putra Bank NTT : Yuan Taneo, Fredi Kotania, Romansa Ndoki, Norbet Taosu,Daud Nan, Oktovianus Kuman,Robert Logo Djo, Alfons Erwin, Andi Oematan, Melkianus Bistolen, mario Lamawitaki, Geroge Ferdinando.

Official            :  Sender Dewa Lele

Pelatih:  Fredi Kota Nia & Romansa Ndoki

Tenis Meja (Putra/Putri)

Tiga medali emas berhasil disumbangkan tim tenis meja putra/putri Bank NTT pada perhelatan Porbank BUMD NTT 2016. Sumbangan tiga medali emas tersebut menjadikan tim tenis meja Bank NTT yang bermaterikan pemain senior dan yunior tampil sebagai penguasa cabang olah raga ini. Di kelas beregu putra, Bank NTT tanpa kesulitan berhasil mengatasi lawan-lawannya. Di laga pamuncak tim Bank NTT yang dipimpin oleh Tommy Jefferson Ndolu sekaligus merupakan  Direktur Kepatuhan di Bank NTT unggul atas tim BRI dengan skor 2:0. Sementara itu pada kelas perorangan putri, Fitrianingrum, pegawai Bank NTT asal Kantor Cabang Ende menang telak atas pemain BNI, Ni Made Keysa dengan skor 3:0 di partai final. Sedangkan satu medali emas lainnya dipersembahkan oleh pemain senior Bank NTT Zet R. Lamu yang menang pada partai final kelas perorangan putra kala bersua dengan lawan tangguh asal BRI, Ricky Malelak dengan skor 3:1.    

Pemain Tenis Meja Putra       : Tomy Jefferson Ndolu, Zet R. Lamu, Petrus D. Ndolu, Bill J. Djami, Ronan Malelak.

Pemain Tenis Meja Putri        : Siska Tamu Ina, Fitrianingrum, Merlyn Dorthia Pellokila.

Bulu Tangkis (Putra/Putri)

Di cabang bulu tangkis, Bank NTT harus puas membawa pulang 2 medali perak. Tim bulu tangkis putra Bank NTT yang tergabung di grup R bersama Bank Bukopin dan BTN pada babak penyisihan keluar sebagai juara grup. Pada babak selanjutnya Bank NTT sukses mengandaskan perlawanan Bank CIMB Niaga. Di laga semifinal tim putra bank NTT kembali menang setelah menaklukkan Bank Mandiri, sayang di laga puncak tim bulu tangkis putra Bank NTT dikalahkan BRI. Hal serupa dialami tim bulu tangkis putri Bank NTT. Berhasil mengalahkan Bukopin dan Bank Indonesia, tim bulu tangkis putri Bank NTT kembali harus takluk dari BRI di laga akhir.     

Pemain Badminton Putra Bank NTT : Bong-Bong Suharso, Romansa Ndoki, Farid Anzani,  Fransiskus Nikolay,Julian A.B. Messah, M.Inurdin Rosna, Dhave Bela.                                                   

Pemain Badminton Putri Bank NTT  : Siska Tamu Ina, Viranti Chalidya E. Rafiqi, Suryani Kase.

Koordinator : Bong Bong Suharso

Catur

Olah raga asah otak ini berhasil memberikan satu medali emas bagi kontingen Bank NTT dalam ajang Porbank BMPD 2016. Pemain senior catur bank NTT, Petrus Elias jemadu, S.H, M.Hum menuturkan bahwa dengan raihan emas ini akan menjadi bekal bagi para pemain Bank NTT kala berlaga di Porseni tahun depan. Ia mengungkapkan bahwa dalam Porseni di Palembang 3 tahun lalu, Bank NTT berhasil meraih juara IV sedangkan dalam Porseni 2014 lalu di Jogjakarta Bank NTT berhasil meraih perunggu.

Tim Catur Bank NTT  : Petrus Elias Jemadu, S.H, M.Hum, Hilarius Minggu, Arnold Ricky Latuperissa, Raymundus Rapu, Ignasius Ame, Charles G. Manuain, Kusmanto

Official                          : Rahmat Saleh

Biliar (beregu)

Cabang olah raga sodok-menyodok bola ini ikut andil menambah perbendaharaan emas tim Bank NTT. Bermain di arena biliar Ramayana Mall  tim biliar  Bank NTT menyudahi perlawanan Bank Bukopin dengan kedudukan 3:2. Di partai puncak, Bank NTT kembali menang setelah menaklukan Bank Mandiri dengan kedudukan 3:0.

Koordinator     : Madingin Tampubolon

Pemain  Biliar Bank NTT : Yusthinus M.N Dunga, Robby Alberto Bessie, Tri Agus Putra Johannes, Jessie Alexander Panie

Sementara itu ketua panitia kontingen Porbank BMPD NTT 2016 Bank NTT Fernimus Musa mengungkapkan bahwa  Porbank BUMD NTT 2016 merupakan ajang bagi para atlit Bank NTT untuk mempersiapkan diri menghadapi Porseni XII di Bandung  2017 mendatang. “ Saya minta teman-teman untuk persiapkan diri dengan baik sehingga tahun depan kita bisa tampil maksimal di ajang Porseni XII Bandung. Tahun lalu Bank NTT dalam Porseni XI di Jogjakarta berada di urutan 9 dari 26 Bank Pembangunan Daerah (BPD) yang bertanding mudah-mudahan tahun depan kita bisa naik ke peringkat yang lebih baik ”, ujarnya. Hal senada disampaikan Sekretaris kontingen Bank NTT Boy Reynaldo Nunuhitu, ia menyatakan bahwa dengan adanya Porbank BMPD ini maka tim Bank NTT bisa mendapatkan sparring partner sehingga hasilnya dapat dijadikan bahan evaluasi,  “kami selaku panitia akan benahi kekurangan-kekurangan yang ada sebagai evaluasi, baik dalam hal teknik dan lebih khusus lagi adalah soal mental ketika bertanding. Harapan kami di Porseni XII Bandung tahun depan grade kami bisa naik, ya kalau bisa 5 besar”, imbuhnya. (jr)

post1