Selamat Datang di Website BANK NTTSUKU BUNGA DASAR KREDIT (SBDK) : 1. KREDIT KORPORASI 10.18%, KREDIT RITEL 11.26%, KREDIT MIKRO 10.26%, KREDIT KONSUMSI (KPR) 10.20%, KREDIT KONSUMSI (NON KPR) 13.84% 

Bank NTT Buka Stand di Pameran Pembangunan 2016

Bank NTT Buka Stand di Pameran Pembangunan NTT 2016

Menyambut hari ulang tahun kemerdekaan Republik Indonesia ke 71 pemerintah provinsi Nusa Tenggara Timur menggelar pameran pembangunan yang berlangsung di UPTD Taman Budaya. Ajang pameran yang dibuka oleh Gubernur NTT Frans Leburaya, Jumat (12/8) tersebut diikuti oleh 137 peserta dari instansi pemerintah kabupaten/kota, BUMN/BUMD, lembaga pendidikan, swasta, serta pedagang kaki lima. Leburaya pada kesempatan tersebut mengharapkan dengan diadakannya pameran ini maka masyarakat dapat memperoleh informasi terkait pembangunan yang sedang dijalankan pemerintah. Jelas Leburaya, pameran ini merupakan wujud pertanggung jawaban pembangunan pemerintah terhadap masyarakat. Untuk itu ia meminta seluruh peserta pameran dapat memberikan informasi yang benar serta yang dapat memotivasi. Menurutnya pameran pembangunan juga dapat dijadikan media untuk belajar bagi masyarakat.

Dengan tema  pameran Indonesia Kerja Nyata, Gubernur NTT dua periode ini mengajak seluruh elemen di NTT untuk dapat mengejar ketertinggalan agar sejajar dengan provinsi lain. Hal itu menurutnya tak sekedar dapat dicapai dengan Kerja Keras melainkan juga dengan Kerja Cerdas dan Kerja Tuntas. Pameran pembangunan NTT akan berlangsung selama 10 hari dari tanggal 12-21 Agustus. Beragam perlombaan dan pentas seni turut disuguhkan bagi masyarakat. Berjubelnya masyarakat yang sejak  pagi hingga malam mengunjungi pameran menunjukkan animo masyarakat NTT dan Kota Kupang khususnya haus akan hiburan dan informasi. Ajang pameran  juga memberikan kesempatan bagi para pedagang dan warung kaki lima, permainan ketangkasan serta hiburan rakyat kelas menengah ke bawah lainnya ikut ambil bagian. Bank NTT pada moment tersebut menempatkan satu stand.  Kehadiran Stand Bank NTT digunakan untuk memberikan informasi tentang produk dan jasa serta layanan yang diberikan kepada masyarakat. Selain itu stand  Bank NTT juga menjadi sentra bagi kelompok UPL (Unit Pelayanan Langsung) Mikro Binaan Bank NTT dalam memasarkan produk-produknya.

UPL Mikro Bank NTT adalah bentuk layanan yang disediakan oleh Bank NTT secara langsung dalam menjangkau masyarakat yang hendak mengajukan kredit mikro di Bank NTT. Dalam mekanisme UPL ini, Bank NTT menunjuk agen-agen. Kredibilitas, reputasi, komitmen  dan integritas merupakan syarat utama untuk menjadi agen UPL Mikro Bank NTT. Tak sekedar menyosialisasikan, para agen UPL ini selanjutnya akan bertindak sebagai koordinator  membentuk kelompok  beranggotakan masyarakat yang hendak membuka usaha. Jumlah anggota kelompok UPL Mikro Bank NTT tak dibatasi.

Sebagai koordinator kelompok, agen UPL Mikro merupakan perpanjangan tangan Bank NTT kepada masyarakat dan juga sebaliknya sebagai jembatan antara anggotanya dengan petugas kredit Bank NTT. Para agen UPL Mikro Bank NTT membantu memberikan informasi ataupun  rekomendasi tentang profil dan kelayakan anggotanya dalam memperoleh kredit. Mereka juga akan memberi laporan terkait perkembangan usaha anggotanya. Hingga saat ini Bank NTT memiliki 60 kelompok UPL Mikro yang tersebar di 23 wilayah kantor cabang dengan jumlah ratusan anggota. Sebanyak 7 kelompok UPL Mikro  dikelola oleh Divisi Pemasaran Kredit Bank NTT Kantor Pusat. 7 Kelompok UPL Mikro Bank NTT tersebut tersebar di wilayah desa Tilong, Baun, Bakunase, Noelbaki, Baumata, Oesapa dan Lasiana.

Maksimal kredit yang diberikan oleh Bank NTT untuk kredit Mikro adalah Rp.50 juta dengan bunga 22% per tahun. Menurut Boy R.Nunuhitu, Head Group Mikro Bank NTT, bunga sebesar itu diberikan dengan berbagai pertimbangan. Salah satu pertimbangan tersebut yakni dengan memperhitungkan tingkat resiko dimana kredit mikro yang diberikan tak mewajibkan agunan. Untuk meminimalisir potensi gagal bayar maka Bank NTT turut menjalin kerjasama dengan pihak PT.Jamkrindo (Jaminan Kredit Indonesia). (jr)

post1